Phone Number

+6285333532018

Detail Layanan

Untuk memastikan produk dan proses perusahaan memenuhi standar kualitas yang sudah ada standarnya.

QA & QC Engineer

9809

Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC) berperan penting untuk memastikan bahwa semuanya sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Apa saja yang dilakukan QA dan QC?

1. Mengawasi proses produksi dan memastikan bahwa sistem berjalan dengan baik

Pada dasarnya, QA/QC hampir tidak bisa dipisahkan, tetapi ada perbedaan pada keduanya. Jika seorang QC mengawasi proses produksi dari awal hingga akhir, QA menjadi pihak yang menjamin bahwa produk akhir merupakan produk yang memenuhi kualitas standar produksi. Nantinya, QA akan bertanggung jawab kepada perusahaan bahwa hasil produk tersebut layak untuk digunakan. Sementara itu, QC memastikan bahwa bahan baku produk memiliki kualitas yang sesuai dengan standar operasional dan juga sistem produksi berjalan dengan baik.

2. Memelihara dan memeriksa peralatan produksi

Untuk menghasilkan produk yang sesuai, tidak hanya bahan baku saja yang penting. Peralatan dan mesin produksi sangat berperan untuk membuat hasil akhir yang baik. Untuk itu, QA/QC bertanggung jawab untuk memeliharanya dan memeriksa kinerja peralatan produksi dari waktu ke waktu.

3. Membuat laporan pemeriksaan

Seorang QA/QC akan melaporkan hasil pemeriksaannya dari waktu ke waktu. Laporan tersebut akan menjelaskan seusai tidaknya bahan baku, sistem, mesin, peralatan, dan produk dengan standar dan sesuai tidaknya jalannya produksi dengan target. Nah, jika dalam pemeriksaan terdapat cacat atau malfungsi pada produk, alat, atau mesin dan kendala lainnya, QA/QC akan menuliskan laporannya untuk kemudian ditindaklanjuti oleh departemen lain, maintenance misalnya.

4. Memeriksa produk dari tahap ke tahap

Pada umumnya, proses produksi dari bahan baku ke hasil akhir membutuhkan banyak tahap. Petugas QA/QC tidak hanya memeriksa bahan baku dan hasil akhir saja, namun produk dari tahap satu ke tahap lainnya juga harus diperiksa. Tujuannya agar untuk membuat proses produksi efisien. Misalnya, jika produk di tahap 3 tidak memenuhi standar, maka produksi hanya harus memperbaiki proses dari tahap 2 ke tahap 3, dan bukan tahap awal hingga akhir.

5. Bertanggung jawab atas standar pelaksanaan pengawasan (testing protocol standard)

QA/QC bertanggung jawab untuk membuat dan menjalankan standar pelaksanaan agar hasil dan proses pengawasan tetap objektif dan tidak berubah-ubah. Walaupun standar pelaksanaan ini sifatnya tetap, QA/QC juga dapat memperbaruinya dari waktu ke waktu seiring berubahnya kebijakan atau target perusahaan.

6. Melatih anggota tim QA/QC yang baru masuk

Bekerja sebagai QA/QC di hari pertama mungkin akan lebih berat dari hari-hari biasanya meskipun sudah pernah bekerja di bidang yang sama. Ini terjadi karena standar pelaksanaan pengawasan dan proses produksinya bisa berbeda-beda bergantung pada industrinya. Untuk itu, petugas QA/QC bertanggung jawab untuk melatih anggota tim yang baru masuk agar mereka memahami alur dan sistem produksi dengan baik.

24/7 We Are available

Make A Call & Get Appointment

Chat dengan Kami di Whatsapp
1