Pengertian Pressure Vessel

Pressure Vessel

Apa si pressure vessel? Dan apa pula kegunaan pressure vessel? Sebuah pertanyaan mudah dan mendasar mengenai pressure vessel. Mungkin sebagian dari kita mengerti dan bisa jadi paham, namun terkadang kita sulit untuk menjelaskan apa si sebenarnya pressure vessel.

Vessel sendiri adalah bejana, atau diartikan sebuah tempat. Dari arti kata secara langsung dari bahasa inggris, vessel sendiri pun bermanka tempat. Jadi apapun yang berbentuk tempat, itulah vessel. Seperti halnya panci, ember, itu pun dapat di artikan sebagai vessel, namun tidak seperti vessel yang kita maksudkan di sini.

Pressure vessel sendiri adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan fluida, baik itu dalam kondisi yang bertekanan ataupun tidak bertekanan. Kalau saya terjemahkan dari bahasa buku, karangan eugene f. Megyesy, pressure vessel di artikan sebagai sebuah wadah dari metal (baja) yang biasanya berbentuk cylindrikal atau sperical, yang dapat manahan beban tertentu.

Kalau kita melihat (misalnya lewat di sebuah pengolahan minyak) dan terdapat sebuah benda yang seperti gambar di atas, itulah vessel. Bagi orang mekanik, terutama orang tehnik, vessel bukan barang yang aneh. Apalagi bagi anda yang bekerja di bidang oil and gas, termasuk beberapa bidang pengolahan pun biasanya akan mengunakan vessel. Tak usah jauh jauh, tabung gas LPG yang ada di rumah, itu pun merupakan pressure vessel yang jenis fluidanya berupa gas.

Pertanyaan selanjutnya, apa si kegunaan vessel? 

Banyak sebenarnya, namun hal yang paling umum dan di ambil dari makananya, vessel sendiri adalah sebuah tempat. Jadi ia hanya sebagai tempat. Lalu kalau memang hanya sekedar tempat, buat apa ko pakai di tutup segala? Kenapa tidak di buat seperti halnya panci, yang kadang bisa kita buka atasnya?

Sederhana saja, panci pun kadang perlu kita tutup, supaya apa? Isi di dalamnya tidak kotor. Kan gitu sederhananya. Dalam vessel sendiri pun ada pula yang memiliki permukaan yang tidak tertutup, kita biasanya menyebutnya dengan tank. Di tank sendiri, ada yang tertutup ada pula yang tidak, dalam artian tertutup rapat, tidak dapat udara keluar masuk. Vungsi lain dari pressur adalah untuk pemisah, atau lebih di kenal dengan separator. Yaitu di mana fluida yang berupa oil, nantinya akan dipisahkan melalu vessel ini dan di bagi menurut jenis fluidanya. Mungkin lain waktu akan kita bahas secara detail, tapi paling tidak, inilah pembukaan mengenai apa itu pressure vessel.