Phone Number

+6285333532018

Blog Details

Penanggulangan Kebakaran Di Tempat Kerja

Langkah Pertama Penanggulangan Kebakaran di Tempat Kerja: Menjaga Keselamatan dalam Hitungan Detik

Kebakaran di tempat kerja dapat terjadi dengan cepat dan membutuhkan tindakan cepat serta tepat untuk meminimalisir kerugian dan melindungi nyawa. Mengenali tanda-tanda kebakaran dan mengetahui langkah-langkah pertama penanggulangannya adalah kunci untuk keselamatan semua orang di lingkungan kerja.

1. Panggil Bantuan Darurat

Segera panggil nomor darurat kebakaran dan berikan informasi detail tentang lokasi kebakaran dan situasi saat ini. Jangan mencoba mengatasi kebakaran terlalu lama sebelum bantuan datang.

2. Evaluasi dan Temukan Jalur Evakuasi

Evaluasi situasi kebakaran dengan cepat. Jika kebakaran masih kecil dan tidak menutupi jalur evakuasi, cobalah memadamkannya menggunakan alat pemadam kebakaran portabel. Namun, jangan mengambil risiko jika kebakaran terlalu besar atau berbahaya.

3. Gunakan Pemadam Api Portabel

Jika Anda merasa aman melakukannya, gunakan pemadam api portabel dengan tindakan PASS: Pull (Tarik) pin, Aim (Arahkan) nozzle ke api, Squeeze (Tekan) pegangan pemadam, dan Sweep (Gerakkan) nozzle dari sisi ke sisi melalui jalur api.

4. Jika Terjebak, Isolasi Diri

Jika Anda terjebak dalam ruangan berkebakaran, usahakan isolasi diri dari asap dengan menggunakan pakaian basah dan tutupi celah pintu dengan kain basah. Panggil bantuan melalui telepon atau jendela dan beri tahu petugas kebakaran lokasi Anda.

5. Jangan Menggunakan Lift

Jangan pernah menggunakan lift saat terjadi kebakaran, karena bisa terjadi pemadaman listrik atau malfunction di tengah jalan, meninggalkan Anda terjebak di dalamnya.

Memahami langkah-langkah pertama penanggulangan kebakaran dan selalu menjalankan pelatihan evakuasi secara berkala akan membantu semua orang merasa lebih siap dalam menghadapi situasi darurat ini. Keselamatan adalah tanggung jawab bersama – mari jaga satu sama lain dan selalu siap menghadapi keadaan yang tak terduga.

Related Tags
Social Share

Post Comment

24/7 We Are available

Make A Call & Get Appointment

Chat dengan Kami di Whatsapp
1