Phone Number

+6285333532018

Blog Details

Mengenal Tang Ampere dan Fungsinya

Tang Ampere / Clamp Meter

Clamp meter atau tang ampere sendiri merupakan alat instrument untuk mengukur tegangan / kuat arus pada konduktor seperti kabel dan  umum digunakan dalam bidang kelistrikan.
Meski disebut tang, bentuk tang ampere berbeda. jika tang bisa memiliki bentuk seperti huruf X, maka bentuk tang ampere lebih rumit.
Bagian kepala (head clamp) berbentuk penjepit, sedangkan bagian badan yang biasanya menjadi hendle atau pegangan adalah alat ukur yang dilengkapi dengan layar display untuk menampilkan hasil pengukuran.

Alat ini memiliki lengan yang berbentuk seperti rahang atau capitan berukuran besar yang dapat dibuka tutup untuk memasukan konduktor sehingga besaran kuat arusnya dapat diukur

Cara Pakai Tang Ampere

Melakukan pengukuran dengan menggunakan Clamp Ampere ini cukup mudah dilakukan. Langkahnya adalah sebagai berikut :

Pertama adalah memutarkan knob mode pengukuran sesuai dengan pengukuran yang ingin dilakukan. Seperti pengukuran yang dilakukan apakah arus DC atau AC, dan apakah clamp Ampere nya memilki range/rentang yang perlu di-set atau auto-range yang secara otomatis akan mengatur rentang pengukuran. Jika mengukur arus DC maka jangan lupa juga untuk mengatur penyesuaian nol (zero-adjustment) pada clamp Ampere tersebut.

PT. Prima Inti Teknolindo menggunakan Tang Ampere dalam Riksa Uji Instalasi Listrik.  tang ampere banyak memiliki keunggulan, yaitu:

Keunggulan dari clamp Ampere ini dibandingkan dengan multimeter (Amperemeter yang menggunakan probe) adalah kabel tidak perlu dipotong pada saat pengukuran sehingga tidak perlu mematikan listrik pada objek yang diukur. Hal ini dikarenakan pengukuran kuat arus dilakukan secara seri dengan rangkaian Sehingga untuk multimeter mau tidak mau kita harus memutuskan rangkaian listrik terlebih dahulu dan rangkaian disambungkan secara seri dengan multimeter. Proses pemotongan kabel ini tidak diperlukan oleh clamp meter karena pengukurannya dilakukan dengan induksi elektromagnetik yang dihasilkan dari listrik yang mengalir pada konduktor.

Team PT. Prima Inti Teknolindo melakukan Riksa Uji secara benar dan berkualitas mengikuti Undang-Undang yang berlaku, memakai APD yang lengkap, Safety dan Zero Accident.

PT. Prima Inti Teknolindo adalah Perusahaan Jasa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PJK3) atau Perusahaan Jasa Inspeksi Teknik (PJIT) yang bergerak dibidang pemeriksaan dan pengujian Teknik dalam skala luas, cakupan bidang usaha perusahaan kami meliputi inspeksi teknik, pengujian dan sertifikasi peralatan kerja. selain itu, perushaan kami berupaya membantu meningkatkan kerja sesuai prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai perusahaan yang independent.

Related Tags
Social Share

Post Comment

24/7 We Are available

Make A Call & Get Appointment

Chat dengan Kami di Whatsapp
1