Phone Number

+6285333532018

Blog Details

MENGENAL SAFETY TALK ATAU SAFETY MORNING DALAM PERUSAHAAN

Safety talk (disebut juga safety morning talk atau toolbox meeting) adalah pertemuan yang dilakukan rutin antara supervisor dengan para pekerja atau karyawan untuk membicarakan hal-hal mengenai K3, entah tentang isu terbaru, regulasi, prosedur kerja, alat pelindung diri, potensi bahaya, dll.

Dalam Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), safety talk merupakan program K3 yang wajib disusun oleh setiap perusahaan yang menerapkan SMK3 tersebut. Safety talk sangat penting dilakukan perusahaan sebagai upaya untuk melindungi pekerja dari cedera dan meminimalisasi bahkan menghindari kecelakaan kerja, sehingga kerugian fatal pada peralatan kerja maupun pekerja dapat dihindarkan.

Pada dasarnya, safety talk bertujuan untuk menginformasikan bahaya yang terdapat dalam suatu pekerjaan dan cara mengantisipasinya. Topik yang paling sering dibahas biasanya mengenai peringatan untuk mengutamakan keselamatan diri dengan cara mengenakan alat pelindung diri (APD) dan peralatan sesuai dengan pekerjaan.

Peran penting safety talk inilah yang menjadi alasan mengapa materi safety talk perlu disampaikan secara rutin dan berulang-ulang. Pengulangan ini bukan berarti para pekerja dianggap belum tahu, tetapi inilah salah satu cara untuk terus mengingatkan mereka akan pentingnya penerapan K3 dalam pelaksanaan pekerjaan dan juga merupakan salah satu proses pembentukan budaya K3 di perusahaan.

Tujuan dari safety talk atau safety morning adalah untuk menjaga keselamatan kerja dan mengurangi risiko kecelakaan kerja. Safety talk atau safety morning sangat penting karena membuat para pekerja lebih conscius tentang keselamatan kerja dan memberikan dukungan untuk mengurangi risiko kecelakaan kerja.

Bagaimana melakukan Safety Talk?

1. Topik bahasan sesuai dengan lokasi dan jenis pekerjaannya.
2. Menggunakan bahasa yang jelas agar lebih mudah dipahami oleh pekerja.
3. Jelaskan bahwa yang anda bicarakan itu penting bagi mereka.
4. Berikan informasi yang berkaitan dengan keselamtan / contoh kasus kecelakaan, namun sedapat mungkin menggunakan bahasa sendiri.
5. Bicarakan tentang bagaimana mongontrol atau mencegah bahaya yang ada jika perlu gunakan peralatan yang nyata sebagai contoh agar lebih di mengerti.
6. Ajukan pertanyaan-pertanyaan dan berikan jawaban yang mudah dipahami sesuai dengan pengetahuan anda.
7. Catat dalam form setiap diskusi yang terjadi saat safety talk termasuk tanggal, topik, dan nama-nama peserta.

Team PT. Prima Inti Teknolindo melakukan Riksa Uji secara benar dan berkualitas mengikuti Undang-Undang yang berlaku, memakai APD yang lengkap, Safety dan Zero Accident.
PT. Prima Inti Teknolindo adalah Perusahaan Jasa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PJK3) atau Perusahaan Jasa Inspeksi Teknik (PJIT) yang bergerak dibidang pemeriksaan dan pengujian Teknik dalam skala luas, cakupan bidang usaha perusahaan kami meliputi inspeksi teknik, pengujian dan sertifikasi peralatan kerja. Selain itu, perushaan kami berupaya membantu meningkatkan kerja sesuai prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai perusahaan yang independent.

Related Tags
Social Share
24/7 We Are available

Make A Call & Get Appointment

Chat dengan Kami di Whatsapp
1