Manfaat Penyalur Petir, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Landasan Hukum

K3 instalasi listrik, yakni Permenaker Nomor 12 / 2015, K3 mengenai Penyalur Petir, yakni Permenaker Nomor 31 / 2015. Juga diatur dalam PP RI Nomor. PER. 02/MEN/1989 mengenai pengawasan instalasi penyalur petir, pemeriksaan berkala o/ instansi terkait yakni Disnaker, dilakukan per 2 tahun, hal ini bisa terwujud jika pihak Instansi sadar pentingnya keselamatan, baik keselamatan gedung beserta isinya, juga keselamatan untuk karyawan yang bekerja di lokasi tempat kerja tersebut.

Pada UU No. 30 / 2009 juga diatur mengenai Ketenagalistrikan, pada pasal 44 ayat ke 4 dijelaskan jika tiap instalasi tenaga listrik di perusahaan yang beroperasi itu wajib punya Sertifikat Laik Operasi.

Pengertian Petir

Petir berupa kilatan cahaya putih terang yang terlihat dilontarkan dari langit menuju permukaan bumi dengan disertai bunyi keras menggelegar adalah listrik statis yang berkekuatan ribuan volt/watt . Apapun benda yang berada dipermukaan bumi bisa hancur jika tersambar petir secara langsung.

Petir terjadi diawali oleh adanya perbedaan potensial antara awan yang satu dengan yang lainnya serta bumi. Terjadinya muatan listrik pada awan terjadi karena awan yang bergerak terus secara teratur dan berinteraksi dengan awan lainnya maka kemudian timbullah muatan listrik negatif pada awan yang satunya dan muatan listrik positif pada awan lainnya. JIka perbedaan potensial antara awan dan bumi sudah cukup besar, maka akan terjadi proses pembuangan elektron(muatan negatif) kebumi atau sebaliknya untuk mencapai keseimbangannya. Saat pembuangan Kelebihan muatan ini, elektron akan mengalir menembus udara , dan karena kapasitasnya yang sangat besar maka timbulah suatu kilatan cahaya yang disertai ledakan besar – yaitu apa yang kita sebut dengan petir.

Komponen Utama Penyalur Petir

  • Batang penangkal petir

Batang penangkal petir adalah terbuat dari tembaga murni yang dibikin runcing pada ujungnya yang dipasang menghadap langit. Agar bisa bekerja efektif,batang penangkal petir ini dipasang lebih tinggi dari gedung yang dilindungi. Kenapa ujung batang penangkal petir ini dibikin runcing?…karena muatan listrik yang terkumpul akan mudah terlepas melalui ujung penghantar yang runcing.

  • Konduktor (Kabel)

Kabel /Konduktor penangkal petir ini terbuat dari beberapa kawat tembaga yang dijalin hingga kira kira memiliki diameter sekitar 1 CM. Guna dari konduktor ini untuk meneruskan aliran listrik dari petir yang diterima oleh batang penangkal petir kepada grounding.Konduktor ini biasanya dipasang diluar bangunan dengan memberi jarak beberapa CM dari dinding.

  • Grounding

Grounding (pembumian) ini berupa batang tembaga yang dilapisi dengan baja dengan diameter sekitar 1,5cm dengan panjang 2M hingga 3m.

Prima Inti Teknolindo adalah Perusahaan Jasa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PJK3) atau Perusahaan Jasa Inspeksi Teknik (PJIT) yang bergerak dibidang pemeriksaan dan pengujian Teknik dalam skala luas, cakupan bidang usaha perusahaan kami meliputi inspeksi teknik, pengujian dan sertifikasi peralatan kerja. selain itu, perushaan kami berupaya membantu meningkatkan kerja sesuai prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai perusahaan yang independent.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top