Phone Number

+6285333532018

Blog Details

Human Error, apa penyebabnya?

Apaitu Human Error?

Human error atau kelalaian manusia sering disinyalir menjadi penyebab utama kecelakaan kerja. Sobat pit tentu sering mendengar berita tentang kecelakaan kerja karena kesalahan manusia. Misalnya kecelakaan lalu lintas karena sopir truk diduga mengantuk, pekerja konstruksi terjatuh, atau kapal pesiar mewah yang tenggelam.

Padahal kondisi ini tidak sepenuhnya benar. Banyak faktor penyebab yang membuat seseorang menjadi penyebab kecelakaan kerja. Terdapat faktor penyebab seperti sistem kerja yang melelahkan, prosedur kerja yang membingungkan, atau pengambilan keputusan yang tidak tepat. Apa saja faktor-faktor penyebab human error pada kecelakaan kerja? Siapkan mata yang jeli untuk membaca, ya!

Apa saja penyebab human error yang bisa berujung downtime pada data center? Ketahui lebih lanjut agar Anda bisa meminimalisasi downtime pada data center. 

Standar operasional prosedur yang buruk

Penyebab human error bisa karena manajemen perusahaan yang diterapkan buruk. Manajemen perusahaan ini menyangkut prosedur kerja, SOP, sistem keselamatan dan kesehatan kerja, serta komunikasi antar pekerja dan atasan. Manajemen yang tidak jelas, akan menyebabkan kebingungan pada staf yang menangani data center. 

Kesalahan manajemen yang menjadi penyebab human error disebut induced human error system. Ini adalah masalah kesalahan manusia dalam bekerja yang diakibatkan oleh kurang ketatnya manajemen yang diterapkan, serta kurangnya aturan tentang kedisiplinan. Bayangkan saja bagaimana staf bisa bekerja dengan baik dan tanggap dalam menangani masalah yang ada, jika tidak ada SOP yang jelas.

 

Tidak memiliki tenaga ahli terkualifikasi

Penyebab human error juga dikarenakan kualitas staf yang tidak memungkinkan untuk diberikan suatu pekerjaan khusus. Biasanya, human error secara murni disebabkan oleh kualitas individu bisa karena kurangnya pengalaman, kemampuan, dan aspek psikologis. Mungkin, saat perekrutan Anda merekrut orang yang salah, sehingga ketika di lapangan staf tersebut merasa kewalahan dengan pekerjaannya hingga berakibat pada human error. 

Di samping itu, bisa juga staf yang Anda rekrut memiliki kondisi kesehatan yang tidak memadai untuk bisa bekerja meski kemampuan dan pengalamannya bisa diandalkan untuk mengelola data center. Hal ini mungkin saja terjadi saat staf sudah bekerja pada Anda. Untuk itulah, agar downtime pada data center bisa dicegah, Anda harus menetapkan kualifikasi yang tinggi pada para staf baik dari sisi kemampuan maupun kesehatan.

Tidak memiliki tenaga ahli tersertifikasi

Penyebab human error yang menyebabkan masalah pada data center ialah tidak adanya program pelatihan khusus staf yang mengelola data center. Padahal, jika melihat bagaimana pentingnya data center bagi perusahaan, sudah selayaknya staf operasional yang menangani langsung data center adalah orang yang mengerti bagaimana mengelola data center. Itulah mengapa setiap perusahaan harus melakukan training kepada para stafnya sebelum mulai bekerja.

Staf harus mengerti apa saja tanggung jawab mereka sehari-hari, bagaimana cara mengelola data center yang baik, tahu langkah antisipasi masalah yang muncul, hingga penanganan pada masalah yang terjadi pada data center. Ketika ada skenario terburuk, staf yang terjun langsung ke lapangan mengurusi data center bisa cepat merespons dan mengurangi kerusakan yang bisa terjadi.

Pada akhirnya, bisa disimpulkan bahwa penyebab human error yang mengakibatkan terjadinya downtime pada data center, bisa karena faktor individual dan perusahaan. Ketika terjadi downtime akibat kesalahan staf, jangan langsung melemparkan kesalahan. Evaluasi kembali apakah manajemen yang Anda terapkan sudah bisa mencegah adanya human error.

 

Related Tags
Social Share
24/7 We Are available

Make A Call & Get Appointment

Chat dengan Kami di Whatsapp
1