Phone Number

+6285333532018

Blog Details

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN UNTUK MENJAGA KESELAMATAN SAAT MENGGUNAKAN ALAT LISTRIK

 

Landasan Hukum Instalasi Listrik

K3 instalasi listrik, yakni Permenaker Nomor 12 / 2015, K3 mengenai Penyalur Petir, yakni Permenaker Nomor 31 / 2015. Juga diatur dalam PP RI Nomor. PER. 02/MEN/1989 mengenai pengawasan instalasi penyalur petir, pemeriksaan berkala o/ instansi terkait yakni Disnaker, dilakukan per 2 tahun, hal ini bisa terwujud jika pihak Instansi sadar pentingnya keselamatan, baik keselamatan gedung beserta isinya, juga keselamatan untuk karyawan yang bekerja di lokasi tempat kerja tersebut.

Pada UU No. 30 / 2009 juga diatur mengenai Ketenagalistrikan, pada pasal 44 ayat ke 4 dijelaskan jika tiap instalasi tenaga listrik di perusahaan yang beroperasi itu wajib punya Sertifikat Laik Operasi.

Definisi Listrik

Listrik adalah bagian tak terpisahkan dalam menyelesaikan aktivitas perusahaan sehari-hari. Tanpa adanya listrik, maka alat elektronik di perusahaan tak akan berfungsi. Tetapi di balik fungsinya itu, ada potensi bahaya yang ditimbulkan. Kesalahan instalasi listrik dapat mengancam keselamatan tenaga kerja, lingkungan, keamanan bangunan.

Contohnya kebakaran, Karena itu tiap tenaga kerja yang berkaitan dengan listrik, untuk pemasangan, pengoperasian, perbaikan, dan pemeliharaan instalasi listrik itu wajib punya ketrampilan dan pengetahuan K3, dan membutuhkan surat izin beserta sertifikat K3.

Untuk itu, perlu memerhatikan hal-hal untuk menjaga keselamatan saat menggunakan listrik:

  1. Gunakan insulator saat menangani jaringan dan alat listrik.
  2. Pastikan voltase perangkat sesuai dengan voltase jaringan listrik.
  3. Jauhkan perangkat dan jaringan listrik dari anak-anak.
  4. Gunakan pemutus aliran listrik (MCB).
  5. Matikan listrik bila tidak diperlukan.

Pembahasan:

Listrik sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Namun penggunaan listrik yang tidak tepat atau tidak hati-hati dapat menyebabkan bahaya seperti tersengat listrik, kerusakan peralatan listrik dan kebakaran.

Untuk menghindari persoalan tersebut perlu dilakukan langkah-langkah seperti:

  1. Gunakan insulator saat menangani jaringan dan alat listrik.

Saat kita memasang kabel atau melakukan perbaikan pada jaringan listrik, gunakanlah sarung tangan karet untuk menghindari tersengat listrik. Tubuh manusia, tepatnya darah kita, mengandung banyak elektrolit. Sehingga tubuh manusia bersifat sebagai konduktor listrik. Karena itu bila kita memegang kabel yang dialiri listrik, arus listrik dapat masuk ke tubuh kita dan menyebabkan tersengat (kesetrum) arus listrik.

  1. Pastikan voltase perangkat sesuai dengan voltase jaringan listrik.  

Perangkat listrik dengan voltase yang tidak tepat, misalnya menggunakan alat dengan voltase 110V ke jaringan dengan arus 200V dapat menyebabkan kerusakan alat tersebut.

  1. Jauhkan perangkat dan jaringan listrik dari anak-anak.

Anak-anak belum mengerti bahaya listrik, sehingga dapat tidak sengaja menyentuh kabel listrik, lubang saklar, atau peralatan listrik dan menyebabkan kecelakaan.

  1. Gunakan pemutus aliran listrik (MCB).  

Sekring akan memutus arus listrik bila terjadi kelebihan muatan atau hubungan singkat atau arus pendek, dengan demikian bahaya seperti kebakaran akibat arus pendek bisa dihindari.

  1. Matikan listrik bila tidak diperlukan.  

Mematikan listrik bila tidak diperlukan akan menghemat biaya tagihan listrik. Hal ini juga akan menghindari kecelakaan atau kebakaran bila aur listrik terus mengalir tanpa adanya pengawasan.

Prima Inti Teknolindo adalah Perusahaan Jasa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PJK3) atau Perusahaan Jasa Inspeksi Teknik (PJIT) yang bergerak dibidang pemeriksaan dan pengujian Teknik dalam skala luas, cakupan bidang usaha perusahaan kami meliputi inspeksi teknik, pengujian dan sertifikasi peralatan kerja. selain itu, perushaan kami berupaya membantu meningkatkan kerja sesuai prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai perusahaan yang independent.

 

Related Tags
Social Share
24/7 We Are available

Make A Call & Get Appointment

Chat dengan Kami di Whatsapp
1